Konsep Kepahlawanan Muslim Negarawan



Cerminan realitas bahwa adakalanya momentum sejarah kepahlawan justru dinikmati oleh para pengecut dan pecundang. Maka sebagai salah satu basis gerakan islam yang menegara, muslim negarawan menjadi kader yang harus mampu mengisi stok kepemimpinan. Dan kader adalah pahlawan. Pahlawan yang ikhlas mengambil peran ditengah kesulitan, menapaki resiko disaat orang lain menghindar, dan menyusun kerja besar saat orang lain belum sadar. Pahlawan yang bergerak atas dasar ideologi islam yang mengakar (Idiologis), berkepribadian idealis dan konsisten-tidak mengekor kemana amplop tersodor,berpengetahuan luas sebagai dasar ilmu pengetahuan yang memadai, mampu memberikan kontribusi dan solusi (problem solver) dan bukan pembuat masalah (problem maker) terlebih problem speaker apalagi problem trader, memilki jiwa keadilan islam sehingga mampu menjadi perekat perbedaan. Calon-calon pahlawan yang siap memanfaatkan momentum atau bahkan menciptakan momentum kepahlawanan berbasiskan intelektualitas profetik, cerminan atas keteladanan sunnah Rasulullah SAW.
Ada sebuah ilustrasi hadits yang sangat menarik “ Manusia itu seperti seratus unta yang nyaris tak ditemukan satu rahilah ( unta yang siap memikul beban ) di dalamnya “ ( HR. Bukhari ). Rahilah adalah unta beban yang kuat dan cepat larinya, jumlahnya sangat sedikit, atau kurang dari satu persen. Barangkali kalau yang digambarkan dalam hadits diatas 100, yang ada hanya satu saja. Maka jika ada seribu orang pahlawan, jadilah satu diantaranya. Jika ada seratus orang pahlawan, jadilah satu dari seratus itu. Jika ada sepuluh orang pahlawan, maka jadilah salah satunya. Dan kalau hanya ada satu orang pahlawan, maka jadilah pahlwan itu, aku-muslim negarawan.
Kepahlawanan bukanlah klaim dan memang tidak harus diklaim. Pahlawan bukan juga orang-orang yang ditunggu-tunggu dengan termangu-mangu, sebab pahlawan tak kan pernah datang karena sebenarnya ia telah datang. Ia sebenarnya telah hadir disini, ditengah-tengah kita. Hanya perlu motivasi dan janji untuk menjawab bahwa takdir kepahlawanan haruslah direbut. Merekalah aku, kau, dan kita semua. Pahlawanku


Related Posts



1 comments:

Jumansyah Hamid mengatakan...

Muslim Negarawan Konsep Pemimpin yang berjiwa Pahlawan...

 
Copyright © Embun Inspirasi | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog