Manusia-manusia “Disc”

Apa kabar para pelahap sekian banyak kitab, penghafal sekian banyak ayat, penikmat sekian banyak buku, yang belum mau beranjak dari tataran tahu menjadi mau ?
Ilmu dalam islam selalu mengacu pada nafi’ ( yang bermanfaat ). Jadi semua kata ilmu dalam alqur’an maksudnya kepada ilmu nafi. Ilmu menjadikan si empunya orang yang arif dan bijak, jika siempunya mau. Jika tidak, maka yang terjadi hanyalah kesombongan, yang bukan sama sekali anak kandung ilmu.
Ilmu sebagai basis intelektualitas otak manusia adalah mutlak diperlukan. Ia harus didatangi, bukan ia yang mendatangi. Tapi bukan tanpa komitmen untuk beramal. Sebab kalo kita hanya sebagai kolektor ilmu, maka yang terjadi kita tak akan jauh berbeda dengan manusia-manusia “disk”, yakni manusia Flash disc, Hard Disc, Compact Disc, Versatile/Video Disc, yang semuanya bersifat menyimpan data. Tentu islam tidak menghendaki hal demikian. Tuntutan dari semua ilmu adalah beramal, sebab jika tidak maka ia hanyalah akan menjadi alat jidal ( debat untuk pembenaran ), mubahah ( kebanggaan ), dan alat mencari keuntungan duniawi saja. Manusia-manusia pengumpul file ilmu didibaratkan Allah SWT sebagai seekor keledai yang membawa buku-buku yang banyak, tapi tak mengerti apa yang harus ia lakukan dengan ilmu itu. Keledai tak mengerti beramal setelah berilmu. ( QS. Al-jumu’ah : 5 ).
Komitmen ilmu memang di atas amal, tapi tidak kemudian kita harus menguasai total ilmu baru beramal. Itu lah mengapa beramalah meskipun dengan satu ayat, para sahabat tidak pernah menambah ilmunya lebih dari sepuluh ayat sebelum mereka amalkan, dan itulah juga mengapa Al-Qur’an turun secara berangsur-angsur tidak sekaligus. Ilmu dan amal juga harus berada dalam dalam sebuah sistem / jamaah agar terbangun sebuah team work, ( QS. As-shaff : 4 ). Amal jama’i atau team work akan banyak melahirkan banyak hal yang tidak kita duga sebelumnya. Sebagaimana kata TEAM yang berarti Together Everyone Achieve Miracle. Banyak hal yang tampaknya mustahil jika dikerjakan sendiri-sendiri tetapi begitu mudah jika dikerjakan secara bersama-sama ( jama’i ).


Related Posts



0 comments:

 
Copyright © Embun Inspirasi | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog