Pola hubungan suami istri dalam Al-Qur’an



Sungguh sangatlah indah ilustrasi-ilustrasi yang digambarkan Allah SWT dalam Al-Qur’an tentang suami isteri. Ia ibaratkan pakian dan kebun.
1. Suami istri ibarat pakaian
“…mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka..” ( QS> Al-Baqarah : 187 ). Allah mengibaratkan suami istri sebagai pakaian tentu memiliki hikmah untuk kita fikirkan. Maksud itu diantaranya adalah :
a. Pakaian ialah sebagai penutup, yaitu penutup aib suami dan isteri. maka dalam sebuah keluarga, masing-masing anggota dilarang membuka aibnya kepada siapapun. ada pepatah mengatakan “ mulut itu pendek, tetapi dapat memanjang hingga ribuan kilometer “.
b. Pakaian ialah perhiasan, sedangkan perhiasan yang paling indah bagi seorang abdi Allah adalah isteri yang shalehah. jika dipandang akan menyenangkan dan jika ditinggalkan akan menentramkan.
c. Pakaian adalah perisai penyakit. Penyakit yang dimaksud ialah penyakit-penyakit yang sering hinggap pada orang-orang yang belum menikah, misalnya zina.
2. Suami Isteri ibarat kebun
“Isteri-isterimu adalah (seperti) tanah tempat kamu bercocok tanam, maka datangilah tanah tempat bercocok-tanammu itu bagaimana saja kamu kehendaki. Dan kerjakanlah (amal yang baik) untuk dirimu, dan bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu kelak akan menemui-Nya. Dan berilah kabar gembira orang-orang yang beriman.” ( QS. Al-Baqarah : 223 ).

Isteri ibarat kebun dan suami ibarat pengolah kebunya. maka untuk dapat menghasilkan hasil kebun yang baik dan melimpah, maka pengolah harus melakukan :
a. Pengolahan yang baik dengan mencangkulnya dengan cara-cara yang baik.
b. Memilih benih yang baik dan benih yang baik adalah benih taqwa.
c. Tanaman dan lahan harus di beri pupuk dan disirami agar tumbuh subur, dan siraman terbaik adalah siraman rahani berupa pendidikan islami.
d. Kebun harus dijaga dari hama, baik hama dari dalam misalnya penyakit-penyakit hati dan hama dari luar misalnya fitnah.
e. Berdo’a dan tawakal kepada pemilik kebun sesungguhnya yaitu Allah SWT.
wahai jiwa-jiwa pengembara, sudahkah kalian menemukan tambatanya? wahai jiwa-jiwa yang gundah gulana, temukanlah muara ketenangan dalam telaga cinta yang terbalut dalam mahligai penikahan mulia. Wahai para pemuda, sampai kapan jiwa kalian biarkan merana?
"Ya Allah, jadikanlah aku ridho terhadap apa-apa yang Engkau
tetapkan dan jadikan barokah apa-apa yang telah Engkau takdirkan,
sehingga tidak ingin aku menyegerakan apa-apa yang engkau tunda
dan menunda apa-apa yang Engkau segerakan..Amiin


Related Posts



2 comments:

Najwa-Taqiya mengatakan...

Awesome stuff you guys got here. I really like the theme of the website and how well you organized the content. It's a marvelous job I will come back and check you out sometime.
Thanks! And let’s join Us here:
---------------------------------
Grosir Jilbab Murah Jilbab|Toko Sepeda Listrik Murah|Software Koperasi BMT |Software Kasir Toko|Software Laundry Kiloan|Aplikasi Akuntansi berbasis web|Pengrajin Rotan|Kumpulan berita terkini|Furnitur dan kerajinan rotan termurah|Jual Aplikasi Laundry Cuci Kiloan|Tiket Pesawat Promo Harga Murah

imah agustin mengatakan...

Selamat Datang di Obat Kuat Sex | Obat Pembesar Penis | Alat Bantu Sex
Toko Afung Herbal. Pemesanan. 081 322 200 881
Obat Kuat
Obat Pembesar Penis
Alat Bantu Sex
Obat Perangsang Wanita
Obat Pelangsing Badan
Obat Pembesar Pantat
Obat Perapet Vagina
Obat Penggemuk Badan
Obat Peninggi Badan
Obat Pembesar Payudara
Obat Pemerah Bibir
Obat Kuat Sex
Alat Bantu Sex Wanita
Obat Hernia Herbal

 
Copyright © Embun Inspirasi | Powered by Blogger | Template by Blog Go Blog